ShoutMix chat widget

Makeover Blog I (Mengganti Template)

Bagi sobat blogger yang mencintai keindahan, tentunya tampilan dari blog kita pun pengen kelihatan indah, enak dipandang dan terasa nyaman di hati.... heu.... Dalam dunia blogger/web tampilan/desain blog kita biasa disebut dengan panggilan template. Dengan kata lain template dapat diartikan sebagai tampilan blog kita.... halah.... kebulak kebalik kalimatnya... heu....

Dari pada kebulak kebalik kaya tadi, enakan kita lanjut.... betul tidak...????

Pada dasarnya ada dua macam template yang dapat kita gunakan yaitu template classic (template yang disediakan blogger) dan template yang diambil dari luar blogger. Mari kita bahas satu²...

A. Template Classic

Seperti yang sudah dijelaskan tadi template classic merupakan template yang sudah disediakan blogger. Bagaimana cara merubahnya...??? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Pertama, sudah pasti harus Log in dulu, dan masuk di dashboard

Kedua, setelah di dashboard/dasbor klik link layout/tata letak

Ketiga, setelah masuk halaman layout/tata letak klik link Pick New Template/Pilih Template Baru

Keempat, pada tampilan Pick New Template/pilih template baru, pilih template yang disukai dengan cara mengklik salah satu template hingga tertandai dengan tanda dot (.).

Kelima, setelah dipilih klik Save Template/Simpan Template

Keenam, langkah terakhir melihat tampilan blog kita, jika belum sesuai dengan hati ulangi lagi langkah² di atas atau lanjut ke bahasan berikutnya....

B. Template dari Luar Blogger

Banyak website² yang menyediakan template buat para blogger, diantaranya: Templates for Blogger, yang lainnya browsing² sendiri lah ya... heu..... Biasanya website² tersebut menyediakan template yang jauh lebih menarik, dan banyak pilihannya.

Bagi sobat blogger yang baru memasuki dunia blogger dan blognya belum diisi dapat oleh elemen²/widget dapat mengikuti langkah² brikut ini:

Pertama, temukan template yang diinginkan dan download.

Kedua, jika hasil downloadan berbentuk .zip/.rar harus di ekstrak terlebih dahulu, karena yang diminta berbetuk "xml".

Ketiga, masuk ke Edit HTML dan cari tombol Browse, dan masukkan "xml" hasil downloadan kita tadi, setelah itu klik Upload.

Keempat, jika keluar tampilan tulisan berwarna merah di bawah tombol browse, lanjutkan dengan klik confirm dan save. Namun jika ada tulisan merah dan tidak ada tombol confirm dan save, berarti template yang kita download bermasalah dan kita harus mengupload template yang lain.

Kelima, klik Preview/Pratinjau. Jika sudah cocok klik Save Template/Simpan Template, namun jika belum sesuai silahkan upload template yang lain (kembali ke langkah ketiga)
Ketujuh, selamat berkreasi.....!!!

Tapi bagi blogger yang blognya sudah diisi dan elemen-elemen blognya sudah lengkap ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengganti template blogger


5 comments:

NURA said...

salam sobat
trimsinfonya
makeover blog atau mengganti tempelate ada 5 tipsnya ya,,

ada AWARD sederhana untuk sobat,
mohon diterima ya,,di blog NURANURANIKU.
sahabat di ALJUBAIL.S.A
trims.

Beben Koben said...

informasi yg bagus BGT mang P3Y

kreator said...

nice info....

Unknown said...

Wah, bagus sekali infonya. Sangat terbantu dengan adanya informasi seperti ini. Terima kasih

Salam kenal
Cara Mendapatkan Uang

mrmadrid said...

Setuju heuuu.....soalnya klo dari boekeu belajar mengganti template itu susah.

ijin ikut follow ya, ditunggu follow backnya

Post a Comment